Selasa, 26 Maret 2013

SEJARAH

SEJARAH KAYU FUQAH/ KOKA …

kayu kokka pernah menjadi bagian dari kemujizatan saat digunakan Nabi Musa Alaihi Salam (AS), yang bisa membelah laut merah saat dikejar pasukan Firaun. Kayu kokka juga pernah digunakan Nabi Nuh AS untuk membuat bahan dasar kapal dan bisa menyelamatkan beliau dari arus banjir bandang. Adapun Nabi Sulaiman AS juga pernah menggunakan kayu itu dan berhasil menguasai seluruh jin. Kayu kokka juga pernah digunakan Nabi Muhammad SAW sebagai tasbih. Dengan demikian, kayu kokka lebih tinggi mutunya bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya di atas bumi ini. Kerajinan kayu kokka itu memiliki berbagai warna, yaitu merah mengilap, coklat kekuningan dan kehitaman.

Pohon kokka yang langka itu hanya terdapat di Turki, Mesir, Iran, dan Nigeria. Kayu langka ini juga memiliki aroma khas dan selalu berminyak. Bentuknya keras dan mengkilap seperti batu. Buah dari pohon yang tingginya bisa mencapai puluhan meter ini tidak akan jatuh sebelum pohonnya berumur 40 tahun.
Pokok Koka merupakan tumbuhan hutan bersifat perrenial (tahunan) dan hidup secara meliar. Namun demikian, terdapat usaha dari Negara-Negara Arab menanam pokok kokka sebagai satu industri pertanian untuk membekalkan kayu kokka yang kini mendapat tempat di pasaran dunia. Walau bagaimanapun, kayu kokka yang terdapat di pasaran sekarang kebanyakannya diambil dari buah kokka yang berkayu.
Kayu kokka mempunyai banyak kelebihannya sejak zaman dahulu lagi dan telah digunakan oleh para nabi sebagai bukti kekuasaan Allah S.W.T di dalam memberikan perlindungan dan penawar kepada manusia. Kayu kokka dipercayai dapat menghalau makhluk halus yang jahat, menghalang dari sihir, melindungi diri dari kekejaman musuh dan banyak lagi. Tidak perlulah diutarakan dengan mendalam di sini kerana telah ramai orang mengenalinya dan memakainya.
Kayu Kaukah atau sering disebut juga Kayu Kokka adalah sejenis tumbuhan palma, "Kokka' yaitu sebutan bagi orang Turki, ‘kuka’  asal katanya ‘Coco De Mer’ atau ‘Melanococa’ digunakan untuk menghasilkan minyak,”  kayu kokka  dihasilkan dari spesies pokok palma ‘Attalea Funifera’.
Ciri khas Kaoka/Kokka : Tenggelam ke dalam air (tidak mengapung),
senantiasa nampak berminyak dan memiliki aroma wangi khas Kaoka/Kokka.

Khasiat Kaoka/Kokka :
• Rumah yang memilikinya insya Allah terlindungi dari kejahatan
makhluq gaib.
• Untuk anak yang selalu menangis dan tidak mau tidur, letakkan di
bawah banta latau rendam di dalam air lalu diminumkan, insya Allah akan
cepat tidur.
• Sakit urat/otot, gosokkan ke bagian yang merasakan sakit, insya Allah
akan lega.
• Sakit gigi, rendam kedalam air hangat, lalu gunakan untuk berkumur
dan diminum, insya Allah sembuh.
• Terkena gigitan binatang berbisa dan lainnya, gosokkan kebagian yang
terkena gigitan atau meminumnya, insya Allah bisa/racun akan hilang.
• Sekiranya dipakai pada badan, insya Allah akan terhindar dari
binatang liar dan berbisa.
• Sekiranya dipakai, kemudian ada orang yang berniat mencelakakannya,
maka insya Allah dengan seizin-Nya tidak akan terjadi apa-apa.
• Dan masih banyak lagi.

 Kayu Kokka hanyalah perantara kesemuanya hanyalah atas izin Yang Maha Kuasa Allah SWT.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar